Total Tayangan Halaman

Jumat, 18 Maret 2011

RPP KLS IV

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV/2
Pertemuan Ke- : 1, 2, 3, 4, dan 5
Alokasi Waktu : 10.35 menit
Standar Kompetensi : 5. Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat
Kompetensi Dasar : 5.1 Mengurutkan bilangan bulat
Indikator : 1. Menunjukkan penerapan bilangan negatif dalam
masalah sehari-hari
2. Membilang dan menulis lambang bilangan bulat
3. Memberi contoh bilangan bulat positif dan negatif
4. Menentukan letak bilangan bulat pada garis
bilangan
5. Membandingkan dua bilangan bulat
6. Mengurutkan sekelompok bilangan bulat dari
terkecil atau terbesar
7. Menentukan lawan suatu bilangan

I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menunjukkan penerapan bilangan negatif dalam masalah sehari hari.
2. Siswa dapat membilang dan menulis lambang bilangan bulat.
3. Siswa dapat memberi contoh bilangan bulat positif dan negatif.
4. Siswa dapat menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan.
5. Siswa dapat membandingkan dua bilangan bulat.
6. Siswa dapat mengurutkan sekelompok bilangan bulat dari terkecil atau terbesar.
7. Siswa dapat menentukan lawan suatu bilangan.
II. Materi Ajar
• Bilangan bulat
III. Metode Pembelajaran
1. Informasi/Ceramah
2. Demonstrasi
3. Diskusi
4. Tanya jawab
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
• Pertemuan ke-1 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
b. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
c. Apersepsi kemampuan prasyarat: mengenal bilangan cacah.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberi contoh permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan bilangan negatif.
b. Guru meminta siswa memberi contoh lain.
c. Guru meminta siswa mendiskusikan soal-soal yang ada di buku siswa halaman 3–10.
d. Guru memberi umpan balik.
e. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi pertanyaan penjajakan kepada siswa secara acak.
b. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan.
c. Guru memberi tugas kepada siswa.
• Pertemuan ke-2 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru membahas tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
b. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Dengan metode tanya jawab disertai contoh, guru menjelaskan materi tentang membilang dan menulis lambang bilangan bulat.
b. Guru meminta beberapa siswa menyelesaikan soal-soal yang ada di buku siswa halaman 4–5 di papan tulis.
c. Guru meminta siswa memberi contoh bilangan bulat positif dan negatif.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru meminta siswa menulis lambang bilangan bulat, kemudian siswa lain membaca lambang bilangan tersebut dan sebaliknya.
b. Guru meminta siswa mengulang kembali di rumah materi yang telah diterimanya di sekolah.
c. Guru memberi tugas PR, 3–5 soal.
• Pertemuan ke-1 (2 .35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengajak siswa mengingat sekilas materi pembelajaran yang lalu.
b. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Guru membuat garis bilangan.
b. Dengan garis bilangan tersebut, guru meminta siswa menentukan letak bilangan positif, nol, dan negatif.
c. Guru memberi soal-soal yang berkaitan dengan materi yang baru saja dipelajari.
d. Kemudian, siswa diminta menyelesaikannya.
e. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar.
b. Guru memberi tugas PR, 3–5 soal.
• Pertemuan ke-4 (2 .35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengajak siswa mengingat sekilas materi pembelajaran yang lalu termasuk mencocokkan PR.
b. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Guru menulis dua bilangan bulat yang nilainya berbeda, kemudian siswa diminta membandingkan dua bilangan bulat tersebut. Manakah yang nilainya lebih besar?
b. Selanjutnya, guru menjelaskan tentang bagaimana cara membandingkan dua bilangan bulat.
c. Guru meminta siswa secara berkelompok menyelesaikan soal-soal yang ada di buku siswa halaman 7.
d. Guru membimbing siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal.
e. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi pertanyaan penjajakan kepada siswa secara acak.
b. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar.
• Pertemuan ke-5 (2 .35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengajak siswa mengingat sekilas materi pembelajaran yang lalu.
b. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Dengan metode tanya jawab disertai contoh, guru menjelaskan materi tentang mengurutkan sekelompok bilangan bulat dari terkecil atau terbesar.
b. Guru meminta siswa menyelesaikan soal-soal yang relevan. Guru dapat membuat soal sendiri atau mengambil dari buku siswa halaman 8.
c. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi pertanyaan penjajakan kepada siswa secara acak.
b. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar.
c. Guru memberi tugas kepada siswa.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
1. Garis bilangan
2. Buku Matematika Gemar Berhitung 4B halaman 1–10
VI. Penilaian
1. Tertulis
2. Kinerja/Perbuatan
• Sikap, tingkah laku dan perbuatan siswa, minat belajar, keaktifan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan, serta keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar.
3. Penugasan/Proyek
• Guru memeriksa dan mengecek apakah tugas yang diberikan kepada siswa dapat terselesaikan dengan baik atau tidak.


Mengetahui …………, ........................
Kepala Sekolah, Guru Matematika,


(__________________) (__________________)
NIP. ............................. NIP. .............................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar